8BmEg4v8P7uY0xxaFhXUJ46gPclAwvFkbC47Z6LN
Bookmark

Khutbah Jum'at: Bahaya Riba


إِنَّ الْحَمْدَ لِلهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوْذُ بِاللهِ تَعَالَى مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهْ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهْ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهْ. اللهم صلى على محمد وعلى آله وصحبه أجمعين. أَمَّا بَعْدُ.

فَيا عباد الله أًوْصِيْكُمْ وإياي بِتَقْوَى اللهِ. قال الله تعالى: يا أيها الدين آمنوا اتقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Hadirin sidang jumuah rahimakumullah...

Marilah kita senantiasa mensyukuri nikmat yang Allah berikan. Baik nikmat iman, islam atau nikmat kesehatan. Cara bersyukur seorang muslim yang baik, tidak cukup hanya dengan ucapan alhamdulillah. Namun juga adanya peningkatan iman yang ditandai dengan meningkatnya ibadah kepada Allah SWT. Ushiikum waiyyaya bitaqwallah...

Hadirin rahimakumullah...

Diantara syariat Islam yang diperintahkan kepada kita adalah saling tolong menolong antara sesama. Ada orang yang sedang kesulitan ekonomi, maka yang kaya wajib membantunya.

Namun sayangnya, ada satu kenyataan yang sangat luar biasa terjadi pada hari ini. Menyebar di seluruh ummat manusia. Terjadi pada suatu negeri, pada satu kota, bahkan terjadi di kampung-kampung serta di pelosok negeri ini. Kenyataan apakah itu? Transaksi riba.

Secara singkat, riba adalah bunga atau tambahan atau kelebihan yang didapatkan secara tidak sah dalam pinjam meminjam. Meminjam uang 1 juta, lalu harus dikembalikan 1 juta seratus.

Hadirin rahimakumullah

Di dalam Islam, riba merupakan dosa besar yang sangat membinasakan dan menghancurkan kehidupan pelakunya. Untuk itu, Allah SWT mengingatkan kita agar tidak melakukan transaksi riba.

يا أيها الدين آمنوا لا تأكلوا الربا أضعافا مضاعفة واتقوا الله لعلكم تفلحون (آل عمران 130)

Hai orang2 yang beriman janganlah kalian memakan riba dengan berlipat ganda, bertakwalah kalian kepada Allah agar kalian beruntung.

Rasulullah SAW juga menegaskan dalam haditsnya:

اجتنبوا السبع الموبقات قلنا: وما هن يا رسول الله؟ قال: الشرك بالله، والسحر، وقتل النفس التي حرم الله إلا بالحق، وأكل الربا، وأكل مال اليتيم، والتولي يوم الزحف وقذف المحصنات الغافلات المؤمنات.

Hadirin sidang jumuah rahimakumullah...

Apa konsekwensi bagi para pelaku riba? Pertama, saat hidup di dunianya, Allah akan cabut keberkahan dari para pelaku riba.

يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ

Artinya: Allah akan menghilangkan (keberkahan dari) riba dan menyuburkan sedekah, dan Allah tidak menyukai kekufuran dan bergelimang dosa (Al Baqarah: 276).

Karena tetangganya punya motor baru, dia ingin membeli juga. Namun karena tidak ada uang, akhirnya dia nekat meminjam lewat pinjaman online dengan transaksi riba. Motor dia dapatkan, tapi keberkahan dari kehidupannya akan Allah cabut.

Bisa jadi motornya sering rusak, atau baru seminggu tiba2 motornya dicuri orang. Atau, bisa jadi anaknya sering sakit-sakitan. Hubungan dia dan istrinya tidak pernah akur, atau hal lain yang membuatnya tidak tenang dalam menjalani hidup. Itulah kondisi jika keberkahan Allah ambil dari kehidupan kita.

Konskwensi kedua bagi pelaku riba hadirin rahimakumullah....

Allah tidak akan mengabulkan do’a-do’anya. Dalam sebuah hadits dikisahkan ada seorang laki-laki yang bermunajat kepada Allah meminta doa namun tidak pernah Allah kabulkan doanya. Lalu Rasulullah berkata: Dia telah memakan makanan yang haram.

Hadirin rahimakumullah,

Makanan haram itu tidak hanya berupa daging babi yang sudah jelas Allah haramkan, tetapi makanan dari uang yang dihasilkan secara haram itu akan menjadi haram saat dimakan oleh keluarga kita. Dan Riba ini adalah haram dan dosa besar. Maka jangan heran, jika do’a-do’a orang-orang yang masih melakukan riba, doanya akan tertolak.

Hadirin rahimakumullah,

Jika di suatu negeri atau kampung masih banyak yang melakukan perbuatan zina dan riba, maka artinya, Allah tidak segan untuk memberikan adzabnya pada mereka. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah SAW:

إذا ظهرَ الزِّنا والرِّبا في قَريةٍ، فقد أَحَلُّوا بأنفسِهم عذابَ اللهِ

Adzab Allah itu bisa berupa kekeringan yang melanda. Para petani gagal panen, air bersih sulit ditemukan, terjadi pertikaian antar warga, masyarakatnya banyak yang sakit. Jika kenyamanan dan ketenangan di suatu negeri belum dirasakan, berarti ada masalah keimanan pada rakyat negeri tersebut.

Hadirin yang rahimakumullah...

Oleh karena itu, untuk mencapai kebahagiaan, ketenangan dan keberkahan dalam diri kita, keluarga kita atau di Desa Pilangsari kita tercinta ini, harus ada kerjasama dalam meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Ketakwaan ini tidak cukup dikerjakan oleh para ulama saja, tapi juga harus dilakukan oleh warga Pilangsari.

Jika ketakwaan masyarakat Pilangsari meningkat, jamaah di masjid penuh, anak yatim sejahtera, fakir miskin bahagia, masyarakat saling membantu dalam kebaikan, zina dan riba ditinggalkan, maka insha Allah, Allah akan bukakan pintu keberkahan dari langit dan bumi seluas-luasnya.

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَاتٍ مِّنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْض.(الأعراف: 96)

Semoga Allah menjaga kita dari perbuatan riba dan maksiat lainnya. Sehingga Allah berkahi keluarga kita, negeri kita dan desa kita tercinta ini. Amin ya rabbalalamin...

بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات والدكر الحكيم، وتقبل الله منا ومنكم تلاوته إنه هو الغفور الرحيم

----------------------------------------

اَلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، والصلاة والسلام عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ التقى والْوَفَا. أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، أَمَّا بَعْدُ،

فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آله وأصحابه أجمعين.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، إنك على كل شيء قدير.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ.

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأغْنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

اللهم أعز الإسلام والمسلمين وأدل الشرك والمشركين ودمر أعداءك أعداء الدين. اللهم انصر اخواننا المسلمين في فلسطين خاصة، وفي بلاد المسلمين عامة. اللهم ثبت إيمانهم وأنزل السكينة على قلوبهم برحمتك يا أرحم الراحمين. ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عداب النار.

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَدكركم واشكروه على نعمه يزدكم ولدكر الله أكبر والله يعلم ما تصنعون.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Posting Komentar