8BmEg4v8P7uY0xxaFhXUJ46gPclAwvFkbC47Z6LN
Bookmark

Khutbah Jum'at: Bukti Cinta pada Rasulullah SAW


 إِنَّ الْحَمْدَ لِلهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوْذُ بِاللهِ تَعَالَى مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهْ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهْ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهْ. اللهم صلى على محمد وعلى آله وصحبه أجمعين. أَمَّا بَعْدُ.

فَيا عباد الله أًوْصِيْكُمْ وإياي بِتَقْوَى اللهِ. قال الله تعالى: يا أيها الدين آمنوا اتقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Hadirin sidang jumuah rahimakumullah...

Mengawali jumat kita pada hari ini, khatib mengajak hadirin sekalian dan diri khatib pribadi untuk sama-sama meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Karena ketakwaan ini menjadi bekal utama kita selama hidup di dunia dan di akhirat kelak.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah...

Salah satu rukun iman yang wajib kita yakini adalah beriman kepada para rasul Allah. Dan rasul paling mulia yang wajib kita taati di antara rasul-rasul lainnya, adalah Nabi Muhammad SAW. Namun, sebagaimana pengertian dari iman itu sendiri bahwa

الإيمان هو الاعتقاد بالقلب والتقرير باللسان والأفعال بالجوارح

iman itu adalah keyakinan di dalam hati, lalu diucapkan dengan lisan dan dikerjakan dengan anggota tubuh.

Artinya apa, iman itu tidak cukup hanya di dalam hati saja, namun juga harus diucapkan dan yang lebih penting adalah dibuktikan dalam bentuk tindakan. jika kita merasa beriman kepada Rasulullah SAW, maka keimanan kita terhadap beliau perlu dibuktikan.

Sebagai contoh, jika seorang lelaki mencintai seorang perempuan, maka cintanya itu tidak cukup hanya sekedar di hati saja, tapi juga diucapkan dan dibuktikan dalam bentuk tindakan. Misalnya menikahinya.

Begitu juga dengan iman dan cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW, harus dibuktikan dengan tindakan. Apa tindakan yang dapat membuktikan cinta kita kepada beliau?

Hadirin sidang jumuah rahimakumullah...

Paling tidak, ada 3 hal yang harus kita lakukan untuk membuktikan cinta kita kepada Rasulullah SAW

1. Memperbanyak sholawat kepada Rasulullah SAW

Dalam haditsnya Rasulullah SAW bersabda

من صلى علي صلاة صلى الله عليه بها عشرا  

barang siapa bersholawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bersholawat untuknya 10 kali.

Di dalam surat al Ahzab ayat 56 Allah SWT menegaskan:

إن الله وملائكته يصلون على النبي يا أيها الدين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما Sesungguhnya Allah dan malaikatnya bersholawat kepada Nabi, maka, wahai orang-orang beriman bersholawatlah kepada Nabi Muhammad SAW.

Dengan demikian, salah satu ciri orang beriman adalah suka bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

2. Menjaga peninggalan Nabi. Apa itu peninggalan nabi?

تركت فيكم أمرين لن تضلوا ما تمسكتم بهما: كتاب الله وسنة رسوله

Aku meninggalkan 2 hal untuk kalian, yang dengannya kalian tidak akan tersesat: al quran dan sunnah

Rasulullah SAW tidak meninggalkan harta benda untuk ummatnya. Tapi yang ia tinggalkan adalah 2 hal: al quran dan sunnah. Dengan 2 hal ini, jika kita berpegang teguh dengannya, jika kita mengamalkan perintahnya dan menjauhi apa yang dilarang di dalam al quran dan sunnah, maka niscaya tidak akan tersesat di dunia dan di akhirat.

Jika kita mencintai nabi, berarti kita juga harus cinta kepada al quran dan sunnahnya. Bagaimana cara mencintai keduanya? Yaitu dengan mempelajarinya, membacanya dan mengamalkannya. 

3. Meneladani akhlak nabi.

Bukan hanya sunnah tampilan fisiknya yang kita ikuti, tapi yang paling penting adalah akhlaknya Rasulullah SAW. Allah sendiri memujinya di dalam al Qur’an:

وإنك لعلى خلق عظيم

sungguh, engkau benar-benar berakhlak mulia

Di ayat lain:

لقد كان لكم في رسول الله أسوة حسنة

sungguh, telah ada pada diri rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu

Hadirin sidang jumuah rahimakumullah,

Jika kita merasa ummatnya Nabi Muhammad, berarti kita telah menjadi bagian dari orang-orang yang beliau cintai. Ingatlah tatkala Rasulullah SAW hendak menghembuskan nafas terakhirnya, siapa yang beliau sebut? Bukan istrinya Aisyah, bukan pula sahabatnya, akan tetapi ummati ummati ummati.....

Ingat pula saat Abu Ubaidah bertanya pada Rasulullah: Ya Rasulullah, adakah orang yang lebih baik dari kami? Kami sudah berislam, kami juga berjihad bersamamu. Lalu beliau menjawab:

نعم، قوم من بعدكم يؤمنون بي ولم يروني

iya, mereka adalah suatu kaum setelah kalian, mereka beriman padaku meski belum pernah bertemu denganku.

Dari hadits ini, siapa kira-kira kaum tersebut jika bukan kita?

Hadirin  rahimakumullah, Rasulullah tidak pernah melihat kita. Apalagi berbicara langsung dengan kita. Kita terpisah oleh waktu selama 1400 tahun, terpisah jarak 8500 km. Tapi kita sebagai ummatnya, sudah beliau sebut menjelang wafatnya. Beliau juga janjikan syafaatnya kelak di hari kiamat. Lalu, alasan apalagi bagi kita untuk tidak mencinta Rasulullah SAW?

Hadirin rahimakumulah, Di bulan Rabiul Awwal ini, mari kita jadikan momentum untuk meningkatkan kecintaan kita kepada manusia paling mulia di bumi ini. Tidak hanya di bulan ini saja, tapi kecintaan kita pada Nabi harus selalu ada dan tumbuh di sepanjang hidup kita. Kita perbanyak sholawat, kita kaji kembali sirah nabawiyyah sehingga kita mengenal lebih tentang sosok yang paling kita cintai. Kita teladani akhlaknya, sehingga kelak kita bersanding dengan Rasulullah SAW di surga. Amin.

بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات والدكر الحكيم، وتقبل الله منا ومنكم تلاوته إنه هو الغفور الرحيم

----------------------------------------

اَلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آله وأصحابه أجمعين.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، إنك على كل شيء قدير. اللهم أعنا على دكرك وشكرك وحسن عبادتك، يا مقلب القلوب ثبت قلوبنا على دينك وطاعتك. اللهم أعز الإسلام والمسلمين وأدل الشرك والمشركين ودمر أعداءك أعداء الدين. اللهم انصر اخواننا المسلمين في فلسطين، اللهم ثبت إيمانهم وأنزل السكينة على قلوبهم برحمتك يا أرحم الراحمين. ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عداب النار.

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَدكركم واشكروه على نعمه يزدكم ولدكر الله أكبر والله يعلم ما تصنعون.

 

Posting Komentar

Posting Komentar